Minggu, 20 Oktober 2013

Memanfaatkan Forum Icity Sebagai Pemecah Masalah




Pada dua tulisan terdahulu, kita sudah membahas bagaimana latar belakang lahirnya plus sejarah Icity serta bagaimana membentuk forum pola budaya baru ( budaya berbagi ); kini kita masuk lebih dalam. Yaitu bagaimana memanfaatkan forum Icity sebagai pemecah masalah. 

Sebelumnya kita kupas dahulu dari halaman depan, di sana akan terlihat pembagian sub-forum, yaitu :


Sub Forum : Bank Solusi, Blog dan Panduan

Sub Forum : Gadget

Sub Forum : Indosat Service

Sub Forum : Komunitas


Sub Forum : New Solutions






Itulah pembagian sub forum di dalam Icity. Nah untuk dapat menemukan manfaat dari suatu forum, kita harus menemukan "jiwa" nya. Jiwa dari Icity adalah berbagi solusi. Sehingga bisa dikatakan bahwa, inti dari Icity di sub forum : Bank Solusi, Blog, Panduan serta di New Solution

Sebenarnya ada lagi yang masih tersembunyi. Yaitu di bagian New Solution, pojok kanan bawah ada tulisan Find More Solusion. Di sana ada sekitar 400 topik solusi yang telah didapatkan. Untuk mempermudah, ada isian ringkas, seperti berikut :

Option Searching



Cukup kita isi kotaknya dengan sebagian masalah kita, misalnya : "Pulsa hilang". Woooiiillaaa. Nanti mesin pencari forum akan mengeluarkan. Berbeda dengan forum lain yag mencampurkan berbagai topik, sub forum ini khusus mencari topik yang dianggap memberikan solusi. Sehingga hasilnya akan lebih tajam dan menyelesaikan.

Bagaimana bila yang anda cari masih belum ada penyelesaian ? Sebelum menjelajah ke ribuan topik, rekan-rekan bisa berkunjung dahulu ke sub forum : Bank Solusi, Blog dan Panduan.

Setiap sub-forum di Icity mempunyai pola sama, yaitu selalu ada recent topik ( topik yang terakhir ditulis) dan obrolan terhangat. Obrolan terhangat merupakan topik-topik yang mendapatkan respon tinggi dari para pembacanya. Ini sangat membantu kita bila saat masuk di Find More Solution tadi belum mendapatkan jawaban.
Dengan melihat obrolan terhangat kita diharapkan bisa mengetahui, mungkin saja masalah yang kita hadapi memang sedang hangat diperbincangkan dan belum ada penyelesaian.

Masih belum puas juga ?
Rekan-rekan bisa mengirimkan private message / pesan jalur pribadi kepada moderator atau team Indosat. Bagaimana kita bisa mengetahui team tersebut ? Ada lambang di depan username mereka, seperti berikut :


Lambang peluit menggambarkan ybs adalah moderator. Lambang Indosat melambangkan ybs adalah Team Advanced Indosat, bisa berasal dari bagian design produk, CS, marketing dan lainnya.




Sedangkan bila menggunakan lambang Indosat di depan namanya kemudian diikuti dengan lambang kunci, maka beliaulah yang "mengendalikan" forum Icity :)

Berbeda dengan forum lainnya, siapa saja yang sedang online akan terlihat di Icity. Kemudian juga terlihat siapa saja yang baru masuk mendaftar. Ini berada di pojok kanan bawah halaman utama.


Uniknya, bagi member yang baru mendaftar, isilah yang dipergunakan oleh Icity adalah "Please welcome our newest community member". Ini merupakan pembentukan budaya dan nuansa saling menghargai dan berbagi.

Hebatnya lagi, tidak ada rahasia antar member atau bahkan kepada moderator. Kita bisa melihat moderator mendapatkan "jempol" ( kudos ) dari siapa saja serta moderator sudah memberikan "kudos" kepada siapa saja. Kepada moderator saja kita bisa melihat apalagi kepada member lainnya :).

Ini berangkat dari budaya tidak ada rahasia dan tidak ada istilah keagungan / keramat bagi seorang moderator, atau pegawai Indosat. Ini yang membedakan dengan forum lain, di mana seorang moderator bagaikan seperti raja kecil yang bertahta.

Dari sinilah diharapkan semua orang yang mengakses Icity merasa nyaman dan tak ada kasta-kasta. Sehingga bila ada keluh kesah masalah bisa diungkapkan sejelas-jelasnya. Dan bagi yang membantu, tidak ada "kewenangan" untuk merendahkan.

Bagaimana menurut anda ?

















Forum Icity, Membentuk Budaya Berbagi


Ketika Indosat memutuskan untuk membuat pola pendekatan baru kepada komunitas berupa forum social media, maka muncul pertanyaan, pilihan style apa yang akan dianut ?
Pemilihan ini menjadi sangat penting, mengingat di dunia maya telah bertebaran berbagai macam forum. Dan masing-masing forum tentunya telah bertahun-tahun exist dengan pengikutnya masing-masing.

Di saat itulah keputusan mengambil pola berbagi solusi ditempuh. Sepanjang penulis telaah, belum ada 1 forum di Indonesia yang fokus pada berbagi solusi. Tentunya ada pertanyaan : " Di forum XYZ itu saya sering sekali mendapatkan pemecahan atas permasalahan handset saya", atau seperti ini ; "Di forum ABCD, saya menjadi lebih mengerti bagaimana mempergunakan hp saya", atau seperti ini : "Forum JKLM banyak sekali cara-cara meningkatkan kinerja hp saja, misalnya dengan oprek" dan sebagainya.

Coba rekan-rekan telaah di forum XYZ, ABCD, atau JKLM tersebut ada seperti ini kah ?

Gambar di atas adalah contoh icon pilihan yang selalu ada sewaktu seseorang menjawab pertanyaan kita. Icon seperti itu akan nampak pada saat kita membaca topik yang kita buat. Icon tersebut tidak akan muncul saat kita masuk sebagai username lain.

Terlihat bahwa "accept as solution" mendapatkan tempat khusus. Sehingga apabila kita merasa jawaban tersebut cocok dengan kebutuhan kita atau menyelesaikan masalah kita, sebaiknya kita click di "accept as solution".
Jika kita telah click pilihan tersebut, maka topik kita akan dikategorikan seperti di bawah :



Topik kita akan dikelompokkan di "New Solution" di halaman utama. Ini akan membantu seseorang yang bila sekedar berkunjung di halaman utama (muka) akan melihat solusi-solusi baru yang ditawarkan.

Nah, kita kita masuk ke suatu topik, bila topik tersebut sudah ada jawaban dari seseorang yang dianggap menyelesaikan, maka akan tampil seperti ini :


Terlihat ada tanda centang hijau di awalan judul topik kita dan pada akhir tulisan ada tambahan : "Solved! Go to Solution"
Bila tulisan tersebut diclick, maka akan terhubung dengan postingan yang dianggap memberikan solusi.

Langkah cerdas bukan ?
Mengapa disebut cerdas ? Cobalah rekan-rekan berkunjung ke suatu forum. Tentu biasa bila kita menjumpai suatu topik yang hangat, bisa sampai belasan atau puluhan halaman. Masing-masing halaman (katakanlah) ada 10 postingan.
Nah....ada beribu postingan yang harus kita telusuri agar mendapati postingan yang menyelesaikan ?
Tentu melelahkan bukan.



Sudah selesai ? Belum. Masih ada interaksi yang diciptakan oleh iCity.

Apa itu ? 

Di atas, bila kita sering memberikan solusi bagus dan menyelesaikan, maka postingan kita diberikan tanda sebagai "Accept as Solution" sedangkan bagi kita akan berikan "bintang jasa". Semakin banyak solusi yang kita berikan, maka semakin banyak "bintang" yang kita kumpulkan.
Akan terlihat seperti ini :

Angka "bintang jasa" tersebut direset tiap minggu nya. Sehingga ini diharapkan membuat rekan-rekan berlomba-lomba masuk ke 5 besar tersebut. Artinya berlomba-lomba memberikan solusi.

Selesai ?
Belum juga

Bagi rekan-rekan yang sudah posting namun tulisan nya belum memberikan solusi, jangan khawatir, kita bisa diberikan tanda "bintang jasa" pula. Namun dalam kategori yang disebut "Tukang Ngobrol Terasyik"

Jumlah ini ditandai yang terletak di bagian bawah postingan kita. Seperti ini :
Perhatikan bagian "kudos" tersebut. Jumlah nya akan dikumpulkan dari semua postingan kita. Setiap kita posting, maka rekan lain akan melihat seperti ini :


Bila orang lain meng-click gambar / tanda jempol, maka di postingan kita akan bertambah 1 bintang, seperti di atas. Dan seterusnya begitu.

Ini merupakan suatu keadaan yang dikondisikan. Sehingga yang terjadi adalah pola saling tolong menolong ( dalam bentuk posting ) antar sesama anggota komunitas. Ini yang sangat membedakan dengan forum-forum lain.



Di forum-forum lain kita akan cenderung mengejar jumlah postingan. Semakin tinggi jumlah postingan akan membuat "peringkat" kita naik. Tidak peduli isi posting misalnya hanya : "Selamat pagiiii" atau "Sundul Gans" atau "Pertamax yooo"

Di iCity, semakin banyak postingan tidaklah membuat seseorang akan mendapatkan bintang. Memang ada penanda seperti berikut :

Namun hal tersebut tidak ada artinya di Icity. Kode 3,5 G memandakan jumlah post yang telah dilakukan. Kode itu tidak akan ada artinya saat di jajaran "bintang jasa" seperti di atas.

Jadi, jelaskah bahwa Icity memberikan terobosan melalui penciptaan budaya berbagi solusi.

Bagaimana menurut anda ?