Sabtu, 19 Oktober 2013

Forum Icity, Cerita Dibalik Semangat Komunitas


Pernahkah anda melihat logo di atas ? Icity merupakan sebuah forum yang didukung oleh Indosat. Terlihat bahwa "alamat" nya tertulis di depan indosat.com. Maka tak heran jika isinya ada bernuansa Indosat. Apakah murni berisi mengenai promo atau puji-pujian terhadap Indosat ? Ternyata tidak. Jika anda mengharapkan hal seperti itu, maka anda salah besar.

Untuk mengetahui arah dan tujuan suatu website, sebaiknya kita menoleh ke belakang, saat pendirian Forum ini dan siapa orang-orang di sekitarnya. 

Sejarah Latar Belakang iCity
Ini semua berawal dari pendirian sebuah Divisi baru, Divisi Komunitas. Dikomandani oleh Bpk. Benny Hutagulung. Divisi Komunitas berada di Group Marketing dan Komunikasi, dipimpin oleh Bu Novie. Dengan adanya Divisi ini, memperlihatkan bahwa Indosat mulai serius menangani komunitas.

Apa di operator lain tidak ada divisi komunitas ? Tentu ada. Tiap operator memilih gaya tersendiri dalam berhubungan dengan komunitasnya. Indosat memilih jalan menggunakan sosial media. Dalam hal ini forum.
Untuk memulainya haruslah diciptakan pola forum. Indosat memilih Lithium. Lithium merupakan perusahaan pengelola social media yang sudah malang melintang di luar negeri. Banyak perusahaan multinasional yang telah dibantu oleh Lithium. 

Masa Ngobrol Bareng
Sebelum disepakati nama icity, forum bentukan ini menggunakan nama Ngobrol Bareng. Alamatnya ngobrol.indosat.com
Bahkan sempat dibuatkan video singkatnya. Ini masih bisa dilihat di YouTube.



Forum Ngobrol Bareng ini diluncurkan secara resmi pada 12 Sept 2012 di FX Sudirman, Jakarta. Tampilan awal forum Ngobrol Bareng saat itu masih sederhana. Belum banyak template yang diberikan.

Masa Icity 
Berawal dari sebuah kompetisi pencarian nama forum, maka diubahlah nama Ngobrol Bareng menjadi Icity. Nama ini murni usulan dari para member forum sendiri. Kemudian dilakukan peluncuran ulang. Setelah berganti nama, tampilan forum menjadi lebih segar. Forum diberikan juga maskot.

Dengan nuansa warna kuning, selaras dengan warna "kebangsaan" Indosat. Sejalan dengan pembaruan ini, team Komunitas Indosat juga melebarkan sayap ke media Twitter (@forumicity) dan Google Plus.




Dukungan manajemen Indosat juga cukup besar, salah satunya dengan memberikan himbauan untuk bergabung ke forum ini, dalam bentuk di lift-lift kantor pusat Indosat.

Oh ya, Icity juga sudah punya video promonya. Seperti pendahulunya, ada juga di YouTube.



Bila pada forum Ngobrol Bareng para bintang filmnya berupa manusia, maka di video Icity berupa animasi sepenuhnya. Di Icity sudah terang-terangan menunjukkan bahwa forum telah siap menjadi tempat mencari solusi bagi perbagai permasalahan layanan Indosat. 

Sampai hari ini (19 Oktober 2013) jumlah posting di Icity telah mencapai 43 ribu. Dari jumlah member hampir 4000 ribu. Suatu jumlah yang sangat berarti di umur pertamanya.


Pola yang diambil Indosat ini adalah sangat tepat. Mengapa ? Hasil yang ditanamkan 1 tahun lalu sudah mulai berbuah. Coba rekan-rekan masuk ke mesin pencari. Tidak hanya Google, coba juga di Yahoo dan Bing. Ketik : Forum pelanggan Indosat. Apa yang tertampil di pilihan paling atas ? Semua serempak mengatakan iCity.
Sekarang dicoba dengan mengganti kata Indosat dengan operator lain. Apa yang tampil ? Hasilnya tidak seragam. Ada yang menunjukkan berita tentang operator tersebut, namun mesin pencari lain mengatakan sub forum lain dan seterusnya.
Artinya, Forum Icity sudah mulai dikenali oleh mesin pencari bila ada seseorang membutuhkan bantuan mengenai Indosat.


Ikuti tulisan selanjutnya mengenai telaah forum ini.